MANFAAT FISIK DAN MENTAL DARI OLAHRAGA FUTSAL

Manfaat Bermain Sepakbola

Mari kita mulai dengan sepakbola secara general, sebelum kita menuju ke olahraga futsal. Pada tahun 2010 ada sebuah riset yang dilakukan oleh Prof. Peter Krustrup dan koleganya dari Copenhagen University tentang manfaat dari sepakbola untuk sarana menjaga kebugaran tubuh.
Riset ini membuktikan bahwa sepakbola memberikan banyak sekali manfaat kesehatan dan kebugaran tubuh yang terdapat pada olahraga lari, dan bahkan beberapa di antaranya lebih baik dari manfaat berlari.

Football forces you fit! There are so many health benefits to it, not to mention mental benefits too!
Sebagai contoh, sebuah studi melibatkan 47 orang bertekanan darah tinggi, sebagian didorong untuk bermain sepakbola, dan sebagian berlari selama satu jam 2 kali seminggu selama 3 bulan.
Ternyata bermain sepakbola adalah langkah yang baik, karena orang-orang yang bermain sepakbola berhasil menurunkan tekanan darah mereka 2 kali lipat dibandingkan yang berlari biasa – walaupun tekanan mental dan aura kompetitif dari sepakbola sebenarnya dapat menyebabkan stres!
Penurunan berat badan pada kedua kelompok tersebut hampir sama, namun tingkat kolesterol lebih rendah pada kelompok yang bermain sepakbola daripada para kelompok yang memilih olahraga running.
Studi lain bahkan membuktikan bahwa kepadatan tulang meningkat 2 kali lipat saat anda bermain sepakbola, dibandingkan dengan berlari saja.
Sebuah kemenangan mutlak untuk sepakbola, namun manfaatnya tidak berhenti sampai disitu.

Keuntungan Mental dari Sepakbola

Sepakbola tidak hanya memberikan manfaat jasmani yang lebih baik daripada berlari, olahraga ini juga lebih efektif dalam menyehatkan mental anda, hasil yang lebih lanjut dari riset Prof Peter Krustrup.
Mereka mengamati 6 kelompok pria dan wanita yang bermain sepakbola, dan menemukan bahwa kelompok tersebut merasakan “flow” yang lebih tinggi saat eksperimen.
Istilah “flow” ini memang tidak lazim, arti dari istilah “flow” adalah keadaan mental optimal yang terjadi di saat anda benar-benar serius dalam mengerjakan suatu hal yang menantang anda. Keadaan ini anda rasakan hanya pada saat anda benar-benar fokus, serius, termotivasi, dan bahagia dalam aktivitas yang anda lakukan.
Para psikolog percaya bahwa apabila anda mengalami keadaan “flow” secara reguler adalah kunci utama untuk mendapatkan hidup yang bahagia. Tentunya kita ingin mengalami keadaan “flow” sesering mungkin, dan kabar baiknya bagi para penggemar sepakbola: anda bisa mendapatkannya di hobi anda!
Olahraga sepakbola memiliki karakteristik menantang dan dinamis, sehingga sangat membutuhkan konsentrasi anda. Hal tersebut menjadikan sepakbola sebagai olahraga yang dapat melatih fisik dan mental di saat yang bersamaan. Secara singkat, sepakbola membutuhkan kita untuk menggunakan otak lebih keras dibandingkan dengan berlari / jogging.
Mungkin hal ini juga menyebabkan efek berikut: orang yang bermain sepakbola memiliki kekhawatiran lebih sedikit daripada orang yang hanya jogging. Saat diminta untuk menuliskan tingkat kecemasan mereka dalam skala 0-6, kelompok yang berlari memiliki angka rata-rata 4.0, sedangkan pemain sepakbola memiliki angka rata-rata 2.8. (Lucunya, hasil riset ini tidak berlaku untuk wanita – angka rata-rata kecemasan pelari dan pemain sepakbola tetap sama)
Beach Football Goal - Ihle Grange
Studi lain membuktikan bahwa wanita yang bermain sepakbola lebih sering berolahraga dibandingkan dengan para pelari, mungkin karena olahraga ini memiliki unsur sosial (menjadi anggota tim dan bersenang-senang bersama), sehingga menjadi motivasi tersendiri untuk berolahraga lebih teratur.

Futsal ternyata lebih bermanfaat daripada sepakbola!

Keuntungan di atas adalah manfaat yang didapat dari segala jenis permainan sepakbola, namun setelah diteliti lebih lanjut, ternyata futsal lebih bermanfaat lagi daripada sepakbola. Beberapa hasil riset menunjukkan bahwa olahraga futsal:
  • Menyebabkan pergerakan tubuh dengan intensitas tinggi pada para pemain
  • Memacu detak jantung yang tinggi (rata-rata detak jantung pemain saat permainan mencapat 80% dari detak jantung maksimum, bahkan dalam 15% dari total waktu permainan, jantung pemain dipacu sampai dengan 90% detak maksimum)
  • Memacu konsentrasi pemain karena situasi permainan yang lebih intens.
Tidak sulit mengetahui apa penyebab hal di atas. Faktanya, futsal memiliki situasi yang lebih intens, hal ini membantu anda tetap konsentrasi dan memberikan anda lebih banyak waktu beraksi (dengan dan tanpa bola).
Riset pada tahun 1998 mendukung fakta tersebut, dengan perbandingan statistik rata-rata dari 4 pemain yang bermain sepakbola dan futsal di bawah:
5-a-side vs 11-a-side Statistics
Hasil riset tersebut mengejutkan. Walaupun pertandingan futsal hanya berlangsung 60 menit, namun pemain futsal berlari sekitar 80% dari jarak tempuh pemain sepakbola yang bermain selama 90 menit. Bahkan dalam situasi dengan intensitas tinggi, pemain menempuh jarak yang hampir sama.
Dari statistik di atas, para pemain futsal hanya sedikit berjalan kaki/berdiri diam dan memperoleh 4.5 kali lipat jumlah sentuhan saat anda bermain sepakbola.

Kesimpulan:

Futsal adalah olahraga yang sangat baik untuk meningkatkan dan menjaga kebugaran tubuh. Futsal sudah terbukti memiliki kelebihan dibandingkan jogging dan fitness di gym untuk meningkatkan kebugaran tubuh secara general, sekaligus menurunkan tekanan darah dan kolesterol.
Selain itu, futsal juga memiliki manfaat mental dan membantu pengembangan dan perawatan mental seseorang. Biasanya jika seseorang adalah rekan tim yang baik di olahraga futsal, dia akan lebih mudah diajak bekerjasama di luar lapangan.
Ditambah lagi, futsal sangat menyenangkan, dan apabila anda adalah seorang pecinta sepakbola, bermain futsal jauh lebih menyenangkan daripada sepakbola karena anda akan mendapatkan sentuhan yang lebih banyak pada saat bermain. Tidak heran mengapa di zaman sekarang permainan futsal adalah olahraga yang paling cepat berkembang, dan mungkin tidak lama lagi akan menjadi salah satu olahraga terpopuler di dunia.

0 Response to "MANFAAT FISIK DAN MENTAL DARI OLAHRAGA FUTSAL"

Post a Comment